Iklan

RESES I DPRD SAMOSIR DI KECAMATAN HARIAN - SIANJUR MULAMULA

Journal News
Rabu, 17 Februari 2021 | 12.50 WIB Last Updated 2021-02-17T05:50:24Z
Suasana RESES I DPRD Samosir di Aula Kantor Camat Harian

Samosir,Journalnews- DPRD Kabupaten Samosir Melaksanakan Reses I untuk Kecamatan Harian dan Kecamatan Sianjur Mula-mula Pada hari Selasa tanggal 16 Februari 2021 sekira pkl 09.00 s/d selesai di aula Kantor Camat Harian.

Di hadiri Ketua DPRD Kab.Samosir Bapak Saut Tamba , Wakil Ketua DPRD samosir Pantas Marroha Sinaga , dan 3 orang Anggota DPRD Kab.Samosir : Pantas Lasidos Limbong, Jonny Sagala Romauli br Panggabean , Sekwan Rosinta Sitanggang beserta Rombongan,Camat Harian Bapak Roberthon Manik dan Camat Sianjur Mula-Mula Bapak Rudi H.J Sitorus ,PLH Danramil O4/HB Bapak Peltu Marihot Sitinjak , Kapolsek Harian Bapak AKP Herman Sembiring, Bhabinkamtibmas Sianjur mulamula Aiptu D Boyke Siregar, SH dan Anggota,para Kepala Desa kedua kecamatan,para ketua BPD kedua kecamatan,Tokoh masyarakat kedua kecamatan,Insan Pers,masyarakat undangan.


Ketua DPRD Kabupaten Samosir Bapak Saut Tamba mengatakan bahwa Tujuan di adakan Rapat Reses DPRD tersebut untuk menampung  aspirasi masyarakat kepada DPRD, dengan menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam  pemerintahan.

Istilah reses di Indonesia lazim dikenal di DPR-RI, sedang bagi DPRD reses mulai diterapkan dan didasarkan pada PP No. 25 Tahun 2004, dalam PP tersebut mencantumkan istilah reses. Meski reses itu masa istirahat, selama masa itu para anggota DPRD tetap melaksanakan tugas tugasnya sebagai wakil rakyat diluar gedung DPRD. Sedangkan didalam PP No. 1 Tahun 2001 tidak ditemukan istilah reses. Istilah reses ini terdapat dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 162 Tahun 2004 dan PP No 25 Tahun 2004.

Reses DPRD Samosir Dihadiri Danramil O4/HB - Kapolsek Harian Boho 
Dalam pelaksanaannya reses di DPRD Kabupaten dilaksanakan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD dengan difasilitasi oleh Sekretariat DPRD-Nya. Dan para peserta reses tersebut hendaknya melibatkan seluruh elemen masyarakat antara lain, Camat, TNI/Polri, Organisasi Politik, Tokoh Masyarakat / Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, LSM, OKP, Pimpinan Puskesmas, Dinas Jawatan, Lurah/Kades/Perangkat Desa dan Kepala Dusun, serta Kelompok Masyarakat lainnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir Bapak Pantas Marroha Sinaga menjelaskan tujuan reses untuk menampung aspirasi masyarakat yang selanjutnya akan diperjuangkan. 


“Reses I DPRD ini merupakan wadah bagi DPRD untuk menyerap aspirasi konstituen yang nantinya akan diperjuangkan menjadi usulan program pembangunan, Pantas sinaga berpesan dan berharap, agar masyarakat dapat memberi masukan skala prioritas dan mengingatkan kembali aspirasi atau usulan-usulan yang sudah disampaikan .semua usulan yang disampaikan belum dapat mereka wujudkan akibat keterbatasan anggaran. “Harapannya masyarakat tidak pernah bosan menyampaikan usulan aspirasi pada kita. Percaya lah, sekuat tenaga dan pikiran akan tetap kami perjuangkan,” tegasnya.


Sartono Sihotang (Ton's)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RESES I DPRD SAMOSIR DI KECAMATAN HARIAN - SIANJUR MULAMULA

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->