Iklan

HUT Ke 3 Sanggar Seni Budaya "Satahi Saoloan" Kenegerian Sihotang

Journal News
Kamis, 11 Februari 2021 | 11.21 WIB Last Updated 2021-02-11T04:21:31Z
Lumban Manurung Sihotang,HUT Ke 3 Sanggar Seni Budaya "Satahi Saoloan" Kenegerian Sihotang.

Samosir,Journalnews- Penuh kesederhanaan sekaligus menerapkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes).Sanggar Seni Budaya Satahi Saoloan Kenegerian Sihotang merayakan ulang tahunnya yang ke 3 dengan menggelar tari tortor, Senin (8/2/2021) bertempat di Lumban Manurung, Sitorbandolok Desa Dolok Raja Kecamatan Harian Kabupaten Samosir,Sumatera Utara.

Acara tersebut terlaksana atas kegigihan dan kerja keras anak-anak Sanggar Satahi saoloan yang berhasil dibina dengan jiwa seni dan pengabdian yang tinggi, bukan tanpa alasan anak-anak sanggar ini dikatakan gigih dan penuh pengabdian. Terlaksananya HUT Ke 3 Sanggar Seni Budaya Satahi saoloan berkat sumbangan dana dari Anak-anak Sanggar, Sedikit demi sedikit Uang hasil pertunjukan Tari yang mereka dapat selama ini berhasil dikumpulkan dan digunakan untuk Biaya HUT Ke 3 Sanggar Satahi Saoloan.

Dalam kesempatan itu, Ketua Sanggar Seni Budaya Satahi Saoloan Kenegerian Sihotang,Pinansius Manurung menceritakan tentang keadaan Keuangan Sanggar yang tidak mampu untuk Merayakan Ulang Tahun, tetapi berkat dorongan dan kegigihan Anggota Sanggar Terlaksanalah Acara Hari ini, terharu, bangga dan bahagia, anak-anak sanggar ini sangat luar biasa, "ucapnya

“Saya berharap agar generasi penerus tidak melupakan budaya batak, terutama budaya atau tari yang ada di kenegerian Sihotang ini, saya juga berharap masih bisa melatih tari sampai anak-anak sanggar punya generasi, meskipun sekarang ini masih Suasana Covid-19,kita akan tetap berlatih dengan prokes” ,jelas ingot Limbong sebagai pelatih Sanggar Seni Budaya Satahi Saoloan.

Hadir dalam Acara HUT Ke 3 Sanggar Seni Budaya Satahi Saoloan Kenegerian Sihotang, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Samosir(Carles Malau ),Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba ( Siswanto Sinambela ),Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara (Tawar Tua Simbolon), Kepala Desa Dolok Raja (Robert Sihotang),Perwakilan Desa Siparmahan, Ketua BPD Desa Dolok Raja(Roben Sihotang), Pengurus BumDes Hariara Pohan (Pardamean Sihotang, dkk), Ketua DPD JPKP Samosir (Sartono Sihotang),Tokoh Adat, Pemuka Agama dan masyarakat Sekitar.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Samosir,Carles Malau Mengatakan, Selamat Ulang Tahun Ke 3 Sanggar Seni Budaya Satahi Saoloan Kenegerian Sihotang, Bangga melihat Sanggar Seni Budaya Satahi Saoloan Bisa Eksis dan Merayakan Ulang Tahun.

"Untuk melestarikan seni tari tortor Batak diperlukan adanya sanggar tempat berkumpulnya para seniman tari. Sanggar Satahi Saoloan Mampu berdiri dan melestarikan budaya serta mendidik Penari generasi penerus" ,terangnya.

Dalam Sambutannya,Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba,Siswanto Sinambela Mengatakan, Bangga dan Senang bisa hadir di Tempat ini.Mengingat para anak muda sekarang lebih banyak tergiur pada budaya atau kesenian modern dan ke majuan teknologi, game online, game tiktok yang membuat mereka meninggalkan kesenian daerah yang seharusnya tetap dilestarikan.

Lanjutnya, 3 peninggalan orang tua kita terdahulu, Geo Heritage, Bio Heritage dan Culture Heritage, Semuai ini menjadi warisan yang harus kita lestarikan dan pasti mampu menarik wisatawan.

Siswanto Sinambela juga mengatakan, Telah Mengusulkan ke Unesco, Kecamatan Harian menjadi Kampung Pengelola Alat musik tradisional Batak, yang disambut tepuk tangan warga.






Sartono Sihotang (Ton's)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HUT Ke 3 Sanggar Seni Budaya "Satahi Saoloan" Kenegerian Sihotang

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->