Iklan

Kades tanpa " Bengkok " masih semangat mengabdi untuk masyarakat

Journal News
Rabu, 10 Februari 2021 | 18.40 WIB Last Updated 2021-02-10T11:42:11Z


Cilacap // Journal News  20/2/2021 Desa " SAWANGAN "  kecamatan jeruklegi kabupaten Cilacap .dipimpin seorang kades  SUNARTo  putra asli daerah yang punya cita - cita membangun desanya disegala bidang .meskpun secara materi desa sawangan salah satu desa dikecamatan jeruk legi yang tidak mendapatkan  " Bengkok." 

Lewat Pilkades 2019 Sunarto memenangkan kontesta Pilkades tsb dan dilantik menjadi kades yang ke 7 .masa bakti 2019 - 2025 menjadi tanggung jawabnya unk mempimpin 4.481 warganya .dan 75 % dari penduduknya berprofesi sebagai petani termasuk dirinya selepas kesibukanya seharian di kantor balai desa sebagai kades ,Sunarto tidak canggung - canggung membaur dengan warganya layaknya sebagai petani sejati ujarnya .

Kades yang punya latar belakang proyek dan berpenampilan sederhana sadar betul unk mewujudkan impiannya membangun desa Sawangan itu tidak semudah membalikan telapak tangan .
Kades yang mempunyai keahlihan Arsitektur ini desa sawangan sudah masuk konsep gambaran pembangunan yang akan membawa desa sawangan menjadi desa yang alegan sesuai tata ruang kota mandiri .

Dengan pola kemimpinanya yang  ngemong Rakyatnya  bagaikan cerita dalam pewayangan beliau dapat peran begawan " Romo Semar " beliau dengan Arif dan ringan tangan langsung terjun kebawah memberi contoh tidak memandang jabatan yang melekat pada dirinya tegasnya .

Awak media Journal News  ditemui ruang kerjanya  dengan ramah Sunarto memaparkan program kerjanya yang semua berbasis ke Rakyatan dan bersumber dari beberapa anggaran termasuk anggaran dana desa .
Mengingat kondisi pandemik covid - 19 segala bentuk pembangunan fisik didesana untuk sementara " Nihil " namun dirinya tetap berusaha mencari terobosan - terobosan dari berbagai lini .
Alhamdulillah tempo hari ada kunjungan komisi C DPRD dalam tinjauan langsung ke jembatan dan jalan yang sudah cukup lama diidam - idamkan warga nya ,insya Alloh akan terealisasi ibuhnya .

Sunarto juga menerangkan kalau dari warganya yang berjumlah 4.481 itu mayoritas berprofesi petani dan diantaranya petani jagung yang menjadi komonditi andalan di desa sawangan dengan menghasilkan 9000 ton / tahun .

Meskipun mereka masih memanfaatkan lahan perhutani yang ada diwilayah ya .mereka tidak menyia nyiakan lahan yang produktif itu.


Tidak cuma mengandalkan sektor pertanian ,mengingat luasna lahan perhutai dan indahnya panorama diatas perbukitan Ia dan beberapa unsur kepemudaan yang ada didesanya mulai membangun sektor industri pariwisata yaitu di area perbukitan atau yang sudah di kenal dengan sebutan  Bukit satria .

Sunarto yang sudah sangat familier di kalangan media ,merasa bangga dengan semangat warganya yang bahu membahu untuk membangun desa sawangan di berbagai sektor dan kepada awak media Sunarto atas nama pemerintah desa mengucapkan terima kasih atas peran serta media turut serta mempublikasi desa sawangan sehingga desanya semakin dikenal di masyarakat umum .( Slamet wi )
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kades tanpa " Bengkok " masih semangat mengabdi untuk masyarakat

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->