Iklan

Warga Tanah Luas Menikmati Jalan Berlubang Walau Tidak Senikmat Lubang Berjalan

Journal News
Kamis, 07 Januari 2021 | 13.30 WIB Last Updated 2021-01-07T06:30:41Z

ACEH UTARA //- Kreativitas memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Pasalnya, berangkat dari ide kreatif, terciptalah berbagai inovasi yang memudahkan manusia melakukan kegiatan sehari-harinya. Kreativitas ini juga ditunjukkan salah satunya dengan kemampuan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari.

Dalam keadaan mendesak, kreativitas ini juga sering muncul. Misalnya saja kreativitas orang menghadapi jalanan berlubang atau jalanan rusak. Banyaknya kendaraan bermotor yang melintas di jalan raya memang berpengaruh terhadap konstruksi jalan. Banyaknya kendaraan yang melintas terkadang membuat jalanan mudah rusak dan berlubang. Kalau sudah begini tentunya bikin pengendara jadi tidak nyaman melintasinya.

Jalan merupakan salah satu bagian dari Infarstruktur yang sangat vital (fisik). Jalan yang baik, memudahkan masyarakat sipil untuk melakukan akses pada suatu tujuan dan begitu pula sebaliknya jalan yang tidak baik (rusak), akan sulit untuk melakukan akses pada suatu tujuan. Dalam hal ini, vitalitas jalan sangat menentukan agar fungsi jalan dapat berjalan dengan baik. 

Untuk itu, pembangunan jalan didaerah – daerah yang memiliki potensi ekonomi harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah setempat, karena pembanguan infrastuktur jalan pada daerah pedalaman (terisolir), akan meningkatkan perekonomian daerah tersebut.

Namun sebaliknya, melihat kondisi ruas jalan sepanjang 8km sebagai akses antar Desa ke Ibu Kota Kecamatan yang di penuhi lumpur dan berkubang sangat memprihatikan, mengingat hampir sepuluh Desa di Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, yang kesulitan akses melalui jalan tersebut terutama disaat musim hujan, di antaranya Desa Bayi, Desa Hagu, Desa Cot Barat, Blang Pie, Desa Blang Trieng dan Ule Buket.


Kondisi jalan yang buruk masyarakat pun berharap pemerintah segera melakukan perbaikan Tanggap sementara, karna kondisi jalan berlubang tergenang air dan sulit di lewati pengendara, serta truck angkutan  hasil pertanian dan perkebunan seperti kelapa sawit, coklat, pinang, karet dan hasil bumi lainnya. 

Geuchik Gampong Blang pie, Amri, saat di jumpai media ini, Selasa (05/01/2021), mengatakan, kerusakan jalan sangat menyulitkan aktivitas transportasi masyarakat dan mengancam lumpuhnya roda perekonomian, Kondisi tersebut amat terasa disaat musim hujan datang.

"Tidak hanya menyulitkan, tapi sangat membahayakan bagi pengendara. Jalan di sini seperti sungai kering," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Muhammad Azmi, Geuchik Gampong ule Buket, "akibat jalan yang begitu parah, pengguna jalan pun otomatis terganggu dan tak secara langsung dapat mengancam keselamatan dan terkendala", Jelas nya. 

Azmi menambahkan, "Jalan ini merupakan sarana penunjang bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena jalan ini jalan penghubung antar desa juga ke pusat Kota Kecamatan, kemudian jalan ini jalan utama untuk transportasi mengangkut hasil perkebunan warga".

Ia berharap, "Pemkab melalui dinas terkait segera memperbaiki jalan yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk kelancaran berbagai aktivitas di wilayahnya tersebut", ujarnya. 

Semetara Camat Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Usman.K.S.Sos, menjelaskan bahwa, jalan sepanjang 5 kilometer dari Desa Bayi hingga Ule Bukit itu Rencanan dikerjakan perbaikan pada tahun 2020 lalu sudah terlaksana, namun akibat terjadi nya pandemi covid-19 terpaksa ditunda dulu pengerjaannya.


"Jalan itu mulai dari Desa Bayi sampai Desa Ulee bukit sudah ada dalam Anggaran Provinsi ditahun 2020, tetapi karena pandemi Covid-19 Anggaran tersebut telah di potong, namun untuk kelanjutannya dari Kabupaten Aceh Utara telah dibuat perencanaan untuk melanjutkan ditahap berikut", tutupnya.


Laporan  : Sayful Tanlus.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Tanah Luas Menikmati Jalan Berlubang Walau Tidak Senikmat Lubang Berjalan

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->