Iklan

Ledakan bom pinggir jalan yang mematikan menghantam ibu kota Afghanistan

Journal News
Minggu, 10 Januari 2021 | 21.42 WIB Last Updated 2021-01-10T14:42:24Z


Journalnews | Sedikitnya tiga orang tewas dalam ledakan bom pinggir jalan di ibukota Afghanistan, Kabul.

Tariq Arian, juru bicara menteri dalam negeri, mengatakan juru bicara pasukan perlindungan publik kementerian, satu pasukan keamanan, adalah salah satu dari tiga yang tewas dalam serangan itu.

Satu orang lainnya terluka, katanya.

Tidak ada yang segera mengaku bertanggung jawab atas serangan yang terjadi ketika negosiator pemerintah berada di Qatar untuk melanjutkan pembicaraan damai dengan Taliban.

Kelompok teror Daesh telah mengklaim bertanggung jawab atas berbagai serangan di ibu kota dalam beberapa bulan terakhir, termasuk terhadap institusi pendidikan yang menewaskan 50 orang, kebanyakan dari mereka adalah pelajar. 

Pakaian itu juga mengklaim bertanggung jawab atas serangan roket pada Desember yang menargetkan pangkalan utama AS di Afghanistan. Tidak ada korban jiwa. 

Sementara itu, gerilyawan Taliban melanjutkan pemberontakan mereka terhadap pasukan pemerintah sambil menepati janji mereka untuk tidak menyerang pasukan AS dan NATO. 

Serangan hari Minggu terjadi ketika negosiator Afghanistan melanjutkan pembicaraan dengan Taliban yang bertujuan untuk mengakhiri konflik tanpa henti selama beberapa dekade. 

Frustrasi dan ketakutan telah tumbuh karena lonjakan kekerasan yang membuat para pejuang di kedua sisi saling menyalahkan.

Pembicaraan stop-and-go antara Taliban dan pemerintah terjadi di tengah meningkatnya keraguan atas kesepakatan perdamaian AS-Taliban yang ditengahi oleh pemerintahan Presiden Donald Trump yang akan keluar. 

Penarikan dipercepat pasukan AS yang diperintahkan oleh Trump berarti hanya 2.500 tentara Amerika yang masih akan berada di Afghanistan ketika Presiden terpilih Joe Biden menjabat bulan ini.

Biden telah menganjurkan untuk mempertahankan kehadiran berbasis intelijen kecil di Afghanistan, tetapi para pemimpin Taliban dengan tegas menolak pasukan asing.

Sumber TWorld
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ledakan bom pinggir jalan yang mematikan menghantam ibu kota Afghanistan

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->