Iklan

Agustinus Nahak: Hidup itu perjuangan laksana keringat yang asin, sebab kehidupan itu tak selamanya manis

Journal News
Senin, 11 Januari 2021 | 09.08 WIB Last Updated 2021-01-11T02:08:42Z


Journalnews | Mungkin kita sering melihat mereka yang saat ini sudah sukses hidupnya begitu enak, memiliki semuanya, baik kebahagiaan, harta, dan juga ketenangan hidup, tapi apakah kita tahu bagaimana dia mencapainya? Apa yang telah dia korbankan untuk mendapatkan kesuksesan itu?


Ya, terkadang kita hanya fokus dengan apa yang terlihat saja dan tidak peduli dengan apa yang tidak terlihat. Bisa jadi apa yang dia dapatkan saat ini sesuai dengan pengorbanan yang dia berikan, waktu, kerja keras, dan juga keringat.


Dan secara teori, jika kita ingin melebihi kesuksesan mereka, maka kita harus melakukan yang lebih daripada yang mereka lakukan, lebih bekerja keras, lebih mengorbankan waktu, dan juga lebih berkeringat.


Akan tetapi, bagi sebagian orang, hasil itu tidaklah penting. Terkadang apa yang kita butuhkan sebenarnya bukanlah hasil apakah kita sukses atau gagal, namun yeng terpenting adalah bagaimana kita menghargai setiap perjuangan dan bersyukur atas apa yang telah didapatkan.


Bagi mereka yang bekerja keras, percayalah akan ada kepuasan tersendiri ketika kita mendapatkan sesuatu hasil dari keringat sendiri. Jika kita berhasil mencapai tujuan, kita bisa bersyukur bahwa hasil itu kita dapatkan dari keringat dan kerja keras sendiri. Dan jika kita gagal, kita masih bisa bersyukur bahwa setidaknya kita sudah mencobanya dan sudah berjuang secara maksimal.


Hidup itu adalah perjuangan laksana keringat yang asin, sebab  kehidupan itu tak selamanya manis.


Penulis adalah ketua Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Bali Bersatu dan Forum Bela Negara (FBN) DPW Bali


Laporan: Jalal

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Agustinus Nahak: Hidup itu perjuangan laksana keringat yang asin, sebab kehidupan itu tak selamanya manis

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->