Iklan

Menteri KUKM: Koperasi Bisa Jadi Avalis Para Petani

Journal News
Selasa, 08 Desember 2020 | 05.26 WIB Last Updated 2020-12-07T22:26:32Z

SUBANG //- Menteri KUKM, Teten Masduki, mengapresiasi kinerja dan prestasi Koperasi Pinsar Unggas Nasional Sejahtera (Pinsar) pimpinan H. Singgih Januratmoko.

Hal itu disampaikan Teten didampingi Bupati Subang, H. Ruhimat (Kang Jimat), saat meresmikan Breeding Farm Grand Parent Stock (GPS) Ayam petelur (Layer) milik Koperasi Pinsar di Kp. Datar (Kawaor), Desa Cintamekar, Kec. Serangpanjang, Kab. Subang - Jawa Barat, Senin (07/12/2020). 

Lebih lanjut ia menuturkan, "seperti yang disampaikan oleh Presiden di periode kedua ini, Presiden ingin memperkuat UMKM dan koperasi dalam Perekonomian Nasional."

"Hari ini adalah sejarah bagi perunggasan Indonesia, di mana Koperasi Pinsar sekarang sudah masuk ke hulu yang nanti akan menghasilkan Parent Stock (PS)," ucapnya.

Menurutnya, Grand Parent Stock  (GPS) saat ini dikuasai oleh agregator atau pengusaha besar, padahal Koperasi memiliki potensi untuk hal itu. 

"Jadi peresmian breeding farm ini adalah tonggak bagi koperasi," puji Teten..

"Bidang usaha ini sangat strategis, di mana kebutuhan protein hewani yang paling mudah dan cepat dipenuhi adalah melalui ayam dan telur yang saat ini menjadi pilihan utama konsumsi protein masyarakat dengan data konsumsi rata-rata 12,79 kg per tahunnya," imbuhnya.

Menkop yakin, Subang dengan keterlibatan para pelaku UMKM-nya dapat memanfaatkan potensi wilayah yang dimilikinya untuk memasok sentra konsumen paling besar seperti Jabodetabek. 

Lebih lanjut Menkop menambahkan, "Subang memiliki Pelabuhan Patimban. Saat ini ada kebutuhan ekspor pisang sebanyak 15.000 kontainer per tahun. Dengan peluang tersebut, Subang dapat menjadi produsen untuk komoditas tersebut."


Keterlibatan koperasi, menurutnya akan sangat membantu petani, baik dari sisi permodalan, proses produksi, maupun kepastian market untuk menyerap produk hasil kerja keras para petani tersebut. 

"Jangan biarkan para petani bekerja masing-masing. Petani yang berlahan sempit harus berkonsolidasi. Koperasi bisa menjadi off-taker atau avalis dari para petani," tandas Teten.



Laporan Aahamzah
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menteri KUKM: Koperasi Bisa Jadi Avalis Para Petani

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->