Iklan

Kang Jimat, "Peran Sentral Koperasi Tingkatkan Kesejahteraan"

Journal News
Selasa, 08 Desember 2020 | 05.26 WIB Last Updated 2020-12-07T22:26:44Z

SUBANG //- Ketua Umum Koperasi Pinsar Unggas Nasional (Pinsar), H. Singgih Januratmoko menyampaikan terima-kasihnya atas kehadiran Menteri KUKM, Teten Masduki, dan Bupati Subang, H. Ruhimat, yang bersedia bergabung dengan para peternak unggas untuk meresmikan Breeding Farm Grand Parent Stock (GPS) Ayam petelur (Layer) milik Koperasi Pinsar yang berlokasi di Kp. Datar (Kawaor), Desa Cintamekar, Kec. Serangpanjang, Kab. Subang - Jawa Barat, Senin (07/12/2020). 

Singgih mengatakan, untuk pertama kalinya usaha breeding GPS ayam layer dijalankan sejumlah peternak yang bergabung dalam wadah koperasi. 

"Selama ini, walau usaha peternakan ayam petelur 98 persen dijalankan peternak rakyat dan peternak UKM, namun di sektor hulu, yaitu pembibitan GPS yang menghasilkan Parent Stock (PS) masih didominasi perusahaan maupun konglomerasi peternakan terintegrasi," ungkapnya.

Ia pun menambahkan, bahwa breeding farm tersebut akan terisi 5.000 GPS dan akan menghasilkan sekitar 450 ribu Parent Stock (PS) setiap tahunnya. 

"Hasil produksi Pinsar nantinya akan diserap oleh sejumlah koperasi dan UMKM  ayam petelur, misalnya di Lampung, Bogor, Ciamis, dan Yogyakarta," terang Singgih.

Untuk itu dirinya mengharap dukungan penuh dari Kementrian KUKM dan Bupati Subang.

"Mudah-mudahan kehadiran Koperasi Pinsar dapat menjadi trend setter dan berkah bagi koperasi peternakan khususnya unggas," kata Singgih.

Menyambut prestasi gemilang dari Koperasi Pinsar tersebut, Kang jimat menyampaikan apresiasi dan dukungannya serta akan mengupayakan bantuan pinjaman modal bagi koperasi-koperasi di Kab. Subang. 

Ia pun optimis dan berharap Menkop bersedia menjadi bapak angkat guna meningkatkan dan membimbing koperasi-koperasi yang ada di Kab. Subang.


"Terlebih-lebih kita ketahui Pak Jokowi dalam waktu dekat akan meresmikan Pelabuhan Patimban, saya tidak menginginkan masyarakat Subang jadi penonton. 
Untuk itu, peran koperasi sangat sentral dalam meningkatkan kesejahteran petani, peternak maupun nelayan," ucap Kang Jimat.


Laporan Aahamzah
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kang Jimat, "Peran Sentral Koperasi Tingkatkan Kesejahteraan"

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->