Iklan

Jadilah Orang Sabar dan Ikhlas, Bersama Agustinus Nahak

Journal News
Sabtu, 05 Desember 2020 | 11.48 WIB Last Updated 2020-12-05T04:48:43Z

Journalnews //- Hari ini saya ingin mengajak sahabat semua untuk membahas bagaimana menjadi orang yang sabar dan ikhlas dalam segala hal.

Kata sabar dan ikhlas merupakan dua kata yang sangat mudah untuk kita ucapkan, namun sulit untuk kita praktikkan di kehidupan nyata. Buktinya saat masalah dan ujian datang sangat sulit kita untuk menahannya.

Tak jarang kita memperdapatkan manusia yang telarut dalam kemarahan dan emosi saat dia menghadapi masalah atau ujian dalam kehidupan mereka. Bahkan, kita sendiri juga seperti demikian, padahal kita tahu begitu penting dan banyaknya pahala bila kita mau bersabar dalam setiap ujian.

Oleh karena itulah kita wajib mengetahui beberapa hal, apa saja yang harus kita lakukan untuk membuat hati kita tahan dalam kesabaran dan ikhlas dalam ujian. Berikut ini beberapa perkara tersebut agar dapat dibaca dan diamalkan agar kita menjadi manusia yang penuh sabar dan ikhlas.

a. Kekutan Niat Dalam Hati

Segala perkara bisa berjalan sangat baik, apabila perkara tersebut ada diniatkan dengan kesungguhan, karena bila kita meniatkan dengan kesungguhan, maka kita akan punya niat besar dalam hati untuk melakukan itu .

Begitupun jika Anda ingin menjadi orang yang penyabar dan ikhlas, juga diperlukan niat yang sungguh-sungguh. Tidak boleh dengan niat yang setengah-tengah, atau hanya sekedar ikutan orang lain. Karena akan melemahkan semangat untuk melakukan perkaran itu bila hanya dengan niat yang tidak sungguh-sungguh.

b. Menyakini Diri Sendiri Mampu Melakukan itu

Kita harus menyakinkan diri sendiri yang bahwa kita mampu untuk menjalani perkara tersebut, karena tekad yang kuat dan percaya diri akan membuat kita lebih berusaha untuk melakukan perkara tersebut.

c. Selalu berpikiran positif

Pikiran buruklah yang acap kali memancing anda untuk emosi dan marah terhadap suatu hal, jadi dengan anda berpikiran positif akan membuat anda lebih semangat dan tenang dalam menghadapi setiap ujian dan cobaan. Karena berpikiran negatif akan membuatmu tidak nyaman dan susah dalam menyelesaikan masalah.

Karena itulah, cobalah berpikiran positif dan tidak berprasangka buruk terhadap orang lain atau apapun yang terjadi terhadap diri anda. Berpikiran positif adalah cara paling efektif untuk menjadi penyabar dan ikhlas.

d. Berteman Dengan Orang Baik

Ini bukanlah berarti kita memilih teman atau membeda-bedakan, tapi berteman dengan orang baik adalah cara kita menjadi orang baik, karena bila kita terus menerus bersama orang yang sifatnya adalah pemarah akan membuat jiwa kita ikut sedikit demi sedikit dengan sifatnya yang ujungnya membuat kita juga menjadi pemarah.

Sebab itulah kita sangat dianjurkan dalam kehidupan bermasyarakat atau pun bersosial untuk mencari dan bergaul dengan orang baik, walau bagaimana pun, berteman dengan orang sangat mempengaruhi bagi kehidupan dan sifat seseorang.

Itulah beberapa cara yang paling efektif untuk menjadi orang yang penyabar dalam masalah dan ikhlas dalam menghadapi setiap ujian dan cobaan yang menghampiri.

Semoga bermanfaat...!

Penulis adalah Ketua Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Bali Bersatu dan Forum Bela Negara (FBN) DPW Bali


Laporan: Jalal
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jadilah Orang Sabar dan Ikhlas, Bersama Agustinus Nahak

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->