Iklan

Intensitas Hujan Tinggi ,Diduga Penyebab Bencana Tanah Longsor Di Desa Cibodas

Journal News
Selasa, 01 Desember 2020 | 19.32 WIB Last Updated 2020-12-01T12:32:21Z

SUKABUMI //- Bencana alam tanah longsor yang diduga  dipicu oleh intensitas hujan tinggi dan kontur tanah yang labil,Lokasi Bencana terjadi di kampung cikurutug RT 03 RW 01 ,Desa Cibodas,Kecamatan Palabuhanratu,Kabupaten Sukabumi,Provinsi Jawa barat.Selasa(1/12/2020) Pagi sekitar Pukul 03:00 WIB.

Ketua P3A Desa Cibodas, M.sidik mengatakan bahwa bencana longsor tersebut terjadi karena deras nya hujan yang turun dari malam hari mengakibatkan tebing tanah Perkebunan Citandoh Mengalami longsor.

" Tanah kontrak perkebunan citandoh longsor dan menimbun aliran sungai ke irigasi tekhnis dan tanah menutup aliran sungai lalu air pun turun ke irigasi non tekhnis karena tidak kuat menahan luapan air,akhirnya irigasi non tehnis jebol dan  membanjiri sawah masyarakat," jelasnya.

Sementara itu,Kepala Desa Cibodas Junajah Jajah S.pd pun membenarkan bahwa bencana longsor yang terjadi di kampung cikurutug terjadi karena deras nya air hujan, sehingga tanah tebing perkebunan menutupi irigasi.


" Longsor terjadi sekitar Pukul 03:00 WIB,aliran sungai tertutup 15 meter oleh tanah dan menutupi irigasi tehnis,sehingga aliran air ke sungai meluap dan mengakibatkan tanggul sungai(somang)jebol dan air membanjiri sawah masyarakat," terangnya.

Tidak ada korban jiwa dari bencana alam tersebut,tetapi ada salah satwu warga yang bernama Anwar Iskandar yang rumahnya terbanjiri akibat meluapnya air sungai yang tertimbun tanah longsor tersebut.


Laporan : E.N
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Intensitas Hujan Tinggi ,Diduga Penyebab Bencana Tanah Longsor Di Desa Cibodas

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->