Iklan

Ciptakan banyak Lagu Tarling Cirebonan Misro Sonjaya Berharap ada dorongan Dermawan

Journal News
Jumat, 04 Desember 2020 | 06.47 WIB Last Updated 2020-12-04T01:54:31Z


CIREBON //- Siapa yang tak kenal dengan Seniman  asal Desa pegagan kidul kecamatan kapetakan kabupaten Cirebon, Misro Sonjaya pimpinan group musik tarling Guna Muda yang juga seorang Pencipta dan sekaligus penyanyi lagu lagu tarling Cirebonan, kelahiran Cirebon 1971 ini begitu kesohor dijagat media sosial YouTube. Dengan suara peraknya bak musisi papan atas. Namun butuh dorongan dari Dermawan sebab bqnyak lagu ciptaanya mandeg karena terkendala dengan biayanya, walaupun begitu di masa pandemi sekarang ini seniman  penyanyi yang juga Pencipta lagu tarling Cirebonan ini masih tetap semangat dan tampil muda di dunia hiburan Tarling Cirebonan dengan sering menampilkan group musiknya yang tampil beda. 

Misro Sonjaya Menyampaikan juga dalam obrolanya, sejak dari kecil ia sangat begitu mencintai dunia seni, bakatnya mulai menonjol sejak ditahun 2011 silam. Sekelumit kisah hidupnya yang sederhana dan glamor di dunia kesenian suara juga karismatik bermain gitar melodinya menjadi catatan tersendiri baginya, sehingga dengan jiwa tua namun semangat dia tetap muda seperti dengan nama group musik tarling miliknya, "Guna Muda" ungkap Misro Sonjaya. Kamis (3/12/2020). 

"Dari tahun 2011 lalu, ia terjun ke dunia seni musik tarling saat mulai memimpin group musik Kanca Muda atau Yang sekarang ini dikenal dengan nama Group Musik Tarling Cirebonan Guna Muda. dengan bermodalkan tekad dan semangat muda secara tidak langsung kesohor di dunia media sosial (Medsos) YouTube akunya, hingga menjadi perbincangan masyarakat setempat atas hasil karya karya lagu ciptaanya,"

Misro Sonjaya bukan saja jago menyanyikan lagu tarling Cirebonan, tapi juga jago menciptakan sebuah lagu Tarling khususnya Tarling Cirebonan, selain itu juga, Misro yang jago piawai memetik instrumen gitar ini dapat menciptakan sebuah lagu Cirebonan hanya dengan satu malam. Berkat kejelihan dan ketajaman insting pola pikirnya, dalam menciptakan dan mengolah musik serta bagaimana membuat sebuah musik tarling Cirebonan agar diterima oleh masyarakat luas, maupun disukai oleh para penggemarnya, sehingga hasil karyanya dapat ditonton oleh masyarakat tuturnya. 

Bahkan kata dia, secara sosiologis dirinya sangat memahami betul karakteristik penikmat musik tarling cirebonan. Terinspirasi mualai dari sejumlah masalah sosial maupun apa yang dilihatnya dapat dijadikan   rillis sebuah lagu yang bisa ditariknya hingga dikemas dengan menghasilkan sebuah lagu musik tarling yang merdu dengan iringan musik tarling Cirebonan. 

Sebanyak 9 buah lagu  tarling cirebonan hasil ciptaanya sudah dibuat dengan ditampilkan energik melalui media Youtubnya Yakni Guna muda, seperti judul lagunya yakni; Rangda Kapiran, Nyakiti Hati, No Narkoba, Ditinggal Araban, Mangan Wareg Kl anti Angger, Pengen dadi Siji, Mantune wong sugih, dan Mutus mata rantai virus Corona. 

Sedangkan, untuk lagu tarling cirebonan terbarunya masih dalam proses yakni dengan single judul terbarunya "Wisata Pantai Sarwa Jala" Akan ditampilkanya pada Awal Januari 2021 mendatang, katanya. 

Selain itu, Misro Sonjaya juga mengaku sudah membuat lirik teks lagu lagu tarling cirebonan ciptaanya sebanyak 47 lagu jumlah seluruhnya yang akan ditampilkanya, akan tetapi karena terbentur dengan biayaya, jadi Misro mengaku Hanya bisa pasrah, maka dari itulah kami sangat berharap ada dukungan dan support Para Dermawan atau Donatur untuk bisa berkolaborasi denganya, untuk dapat bekerja sama bagaimana baiknya sehingga dalam mengembangkan lagu lagu tarling cirebon hasil karya Ciptaanya dapat lebih dikenal dan diterima masyarakat luas, Jelas Misro Sonjaya. 


Laporan: Wadira
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ciptakan banyak Lagu Tarling Cirebonan Misro Sonjaya Berharap ada dorongan Dermawan

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->