Iklan

Cegah Banjir di Musim Penghujan, Pemdes Grogol Kec.Kapetakan Kab.Cirebon genjot normalisasi saluran air

Journal News
Sabtu, 05 Desember 2020 | 16.22 WIB Last Updated 2020-12-05T09:22:17Z

Cirebon //-  Dalam menghadapi musim penghujan saat ini dan mencegah terjadinya banjir di areal pemukiman penduduk, Pemerintah Desa (Pemdes) grogol Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, melakukan normalisasi saluran air di areal pemukiman penduduk yang kini nampak banyak menyumbat karena tumpukan sampah dan lumpur. Pengerjaan tersebut dilakukan dengan menerjunkan alat berat mini untuk mengangkat lumpur dan sampah plastik yang menyumbat saluran air  setempat, guna mendukung kegiatan tersebut berjalan lancar dan kondusif,  Babinsa TNI Koramil 2021/Kapetakan Serda Kamim S, dan Bhabinkamtibmas Bripka Retno Suci Yanto serta didampingi Kadus Akyas  dan Juragan desa dua yang langsung melaksanakan kegiatan memonitoring pengerjaan tersebut, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, Sabtu ( 5/12/2020).


Kades Grogol Suyatno saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa kami pemerintah desa grogol sebelumnya sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi musim penghujan dan mencegah terjadinya banjir di pemukiman warga kami. Untuk itu  kami melakukan pembersihan saluran air yang berada di seluruh pemukiman warga desa kami ini dari mulai Dusun l hingga Dusun lV. Tujuanya adalah untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang biasanya disebabkan oleh sampah dan lumpur yang menyumbat saluran air, maka dari itulah kami langsung menggenjot pengerjaan seperti sekarang ini yahkni melakukan normalisasi pembersihan saluran air dengan alat berat mini agar cepat selesai pengerjaanya, ujar kepala desa grogol Suyatno. 

"Adapun saluran air yang dibersihkan pada saat ini berada di pemukiman penduduk dan saluran air tersebut juga menuju pengairan yang ke sungai atau kali Truwu Desa Grogol, sehingga nanti setelah saluran air dibersihkan nantinya dapat berfungsi dan benar benar mengalir dengan lancar ke arah sungai atau kali truwu desa Grogol,"katanya.


Kades grogol menambahkan, sebelumnya kondisi saluran air dilingkungan areal pemukiman penduduk kami ini memang terlihat tidak rapih yang banyak timpahan sampah dan lumpur yang menyumbat saluran air, jadi perlu dibersihkan, tambahnya. 

Kami harap warga selanjutnya bisa terus menjaga kebersihan di saluran air maupun lingkungan setempat yang kini sudah kita bersihkan. Kami juga mengajak warga untuk dapat bersama menjaga kebersihan dilingkungan sekitar khususnya di saluran air agar jangan dijadikan tempat untuk pembuangan sampah, agar dapat mencagah terjadinya banjir di musim tiba hujan saat ini" Jelasnya.


Laporan: Wadira
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cegah Banjir di Musim Penghujan, Pemdes Grogol Kec.Kapetakan Kab.Cirebon genjot normalisasi saluran air

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->