Iklan

Bersihkan Hati dengan Berprasangka Baik Bersama Agustinus Nahak

Journal News
Rabu, 02 Desember 2020 | 09.10 WIB Last Updated 2020-12-02T02:10:07Z

Journalnews //- Sering kita mendengar ungkapan kata yang dilontarkan seseorang, "hati orang siapa yang tahu?". Memang benar, walaupun kita sedang duduk berhadap-hadapan dengan orang lain, tetapi kita tak pernah tahu kan, apa yang ada di benak lawan bicara kita? 

Apakah yang dibicarakan tersebut sesuai dengan kata hatinya atau tidak, kita manalah tahu. Namun begitu, kita selayaknya berbaik sangka terhadap semua orang, walaupun kenyataannya masih susah untuk dilakukan, karena yaitu, masih saja kadang adanya pikiran yang kurang baik terhadap orang lain dalam hati dan susah untuk menghilangkannya. 

Yang namanya manusia memang pasti tak luput dari salah dan dosa. Tapi dengan berusaha untuk selalu berbaik sangka dengan orang lain, setidaknya akan mengurangi salah dan dosa kita, karena berbaik sangka akan mencegah adanya sifat-sifat yang jelek, hingga hati menjadi bersih dari dosa-dosa.

Jangan sampai hati ini di kotori dengan tingkah laku yang kurang baik, karena hati ibarat lampu yang menerangi jiwa.Jika baik hati kita, maka hidup kita akan bahagia, dan jika buruk hati kita maka hanya penyesalan yang selalu menyertai hidupnya. 

Apakah hati kita ingin bersih dan tetap terjaga? Bagaimana caranya? Salah satu cara agar hati tetap bersih adalah jangan sampai kita mengotorinya dengan sifat-sifat yang buruk, berusahalah selalu untuk setiap harinya kita isi dengan kebaikan. Berbaik sangka  terhadap semua orang adalah salah satu cara untuk mencegah datangnya penyakit hati.

Apa sih penyakit hati itu?

Penyakit hati, merupakan kelainan kepribadian seseorang yang menunjukkan sifat yang buruk atau tingkah laku tercela. Bentuk penyakit hati dari sifat tercela ini antara lain: marah, sombong, iri hati, dan dengki. 

Pasti kita juga sudah mengetahui, apa itu , marah, sombong, iri hati, dan dengki. Jika sifat-sifat buruk itu di biarkan bercokol di hati, maka sudah pasti hidup kita akan jauh dari ketenangan, jauh dari berkat.

Penulis adah Ketua HAMI Bali Bersatu dan Ketua FBN DPW Bali

Laporan: Jalal
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bersihkan Hati dengan Berprasangka Baik Bersama Agustinus Nahak

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->